03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Saturday, August 6, 2011

Cara Membuang Muatan Listrik / Setrum di Elco Besar dan Flyback

Sering kali Kang Eko mendapat pertanyaan demikian : Bagaimana caranya agar pas pada waktu service monitor ataupun TV tidak kesetrum padahal listrik PLN sudah tercabut, tapi kenapa ya kok masih kesetrum juga ...? Kali ini Kang Eko akan jawab via posting blog langsung lewat posting yang berjudul Cara Membuang Muatan Listrik / Setrum di Elco Besar dan Flyback.

Ada beberapa komponen elektronik yang bisa menyimpan setrum / listrik :
  • Elco : semua elco bisa menyimpan listrik, semakin besar kapasitas elco (Farad) dan tegangan elco semakin besar pula daya simpan listriknya. Misal elco 200uF/400v : bisa menyimpan listrik sebesar 200-300v (sama dengan PLN) dan bisa membuat kita sangat shock.
  • Flyback : Tidak semua flyback bisa menyimpan setrum. Hanya flyback pada TV yang menyimpan setrum sedangkan flyback pada monitor tidak menyimpan setrum pada kop ANODA nya.
Cara Membuang Muatan Listrik / Setrum di Elco Besar :
  • Cara I :  Cara ini biasa dilakukan oleh banyak orang, yaitu dengan mengkonsletkan kedua kaki elco dengan obeng atau ujung solder. Cara ini sangat tidak di rekomendasikan, karena selain dapat membuat kita terkejut karena bunyinya juga dapat membuat solder rusak.
  • Cara II : dengan menggunakan lampu bolam 100W. Jangan lupa bolam di pasang dalam Fitingnya dan kasih kabel secukupnya. Cara membuang muatan  setrum elconya dengan menghubungkannya ke kedua kaki elco, bolak balik tidak masalah. Cara ini sangat aman. Lampu bolam akan nyala sebentar dan kemudian mati karena setrum di elco sudah habis. Cara ini biasa Kang Eko lakukan.
  • Cara III : dengan menghubungkan kedua kaki elco dengan sebuah resistor 30 - 50 Kohm / 2 Watt. Jika memperbaiki power suply dengan problem gagal bekerja, maka biasanya resistor ini untuk sementara disolder langsung pada kaki-kaki  elco besar. Dan jika problem sudah OK, resistor baru dilepas. Cara ini Kang Eko dapatkan dari Pak Guru Marsono (marsonotv.blogspot.com). Dengan menyolder resistor langsung di kedua kaki elconya,  pada waktu listrik PLN tercabut, maka secara otomatis setrum listrik di elco akan terbuang.
Cara Membuang Muatan Listrik / Setrum di Flyback TV :
  • Ambil satu kabel dari multitester.
  • Hubungkan ujung kabel satunya dengan ground TV.
  • Kemudian ujung satunya dimasukkan ke kop karet Anoda Flyback di bagian atas tabung. Hati-hati jangan sampai tangan anda menempel ke kop anoda flyback karena tegangannya sangat tinggi, sekitar 26 ribu volt. Akan terdengar loncatan bunga api listrik di dalam kop karet anoda flyback.
  • Ulangi beberapa kali sampai tidak terdengar loncatan bunga api listrik pertanda setrumnya sudah habis.
Demikian Cara Membuang Muatan Listrik / Setrum di Elco Besar dan Flyback.
Semoga bermanfaat.


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

14 komentar :

NAdia said...

Baru tahu yang pakai bolam, trimakasih infonya bang mudah-mudahan berkah...

Gunawan said...

apa hanya menempelkan pada karet kop anoda saja, apa pada bagian dalemnya

Eko Supriyanto said...

@ Nadia : sama-sama mas.

@ Gunawan : menempelkannya bukan pada kop karetnya tapi di masukkan ke bagian dalam kop karetnya.

REnNow said...

tak jajale bos moga2 berhasil amin,,, coz aq gk mau kesetrum lagi...

Anonymous said...

Mas Eko, mau ikutan nanya neeh..

1. klo monitor bekas bisa kita jadikan tv ya? Apa ada referensinya ?
2. klo flyback monitor itu mmg tidk menyimpan setrum, apa aman kalau kita langsung cabut kop anoda'nya yg nempel ke tabung itu pake tangan ?

Terimakaish banyak atas pencerahannya.

surabi_ilmu said...

salam kenal kang eko,, kumaha kabarna damang,, mau tanya kang, kalau lampu bohlamnya pakai yang 60 watt gimana kang,, berbahaya ga yah,, apa harus wajib pakai yang 100 watt,, haturnuhun untuk jawabannya,,

Pramudya said...

Pake colokan solder lbh praktis

Unknown said...

Bang kalo misal kan di tv cina suka muncul high to ac pleess swith off !! Muncul ya kedap kedip . Udah pake stabilizer juga tetep knapa yahh ??

Unknown said...

terimakasih banyak gan dah share artikel nya, mudah-mudahan sangat bermanfaat juga berguuna

salam rajalistrik.com

Admin AJTekno said...

Mau sekedar menambahkan... dengan cara colokan solder di hubungkan ke dua kaki elco, beberapa lama sampai listrik habis... cara kerjanya sama dengan yang pakai bohlam cuma ini memakai solder

Unknown said...

Kalo tv di diemin seharian apa arus akan hilang

Unknown said...

Wah Boleh di coba nih Gan dan salam kenal everything about fashion

Anonymous said...

membantu sekali min postingannya ini...
timah solder

Spacebar counter said...

https://www.viv.net/

Template by : ekohasan.blogspot.com