04 Agustus 2017, INFO TERBARU: Reset Canon OnLine G2000, G1000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, E610, MX397, MX457. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L385, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Driverpack 17.3.1 edisi Januari 2016 (3 DVD), IC EPSON L120, L220, L310, L360, L1300. Resistor untuk Kasus P10/B200 MP258, IP2770, MP237, MP287, Dioda Schotky untuk Kasus EPSON Mati Total,IC Counter Canon yg tidak bisa di RESET, G2000, G1000, MG2570, MG2470, E400, ip2770, mp258, mp287, mp237, dll

Wednesday, October 27, 2010

Blok / Bagian Yang Bekerja Pada Perangkat Ponsel

Kesempatan kali Mas Jezy Aditya akan membahas tentang Blok / Bagian Yang Bekerja Pada Perangkat Ponsel lewat blognya kang Eko ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan baru tentang service ponsel. Mari belajar bersama ....

Bagian dasar pada Ponsel dikelompokkan menjadi beberapa bagian, antara lain yaitu :

 

1. Bagian Tegangan
Adalah bagian yang memberikan tegangan pada setiap komponen terkait dan bekerja atas perintah CPU

2. Bagian Signal ( RX dan TX )
Adalah bagian yang mengatur keluar masuknya signal dan akan mengirim datanya kepada CPU untuk diolah atau diproses menjadi Gelombang suara dan display pada LCD.

3. Bagian Data (Operating System)
Adalah Bagian berfungsi sebagai Operating System yang mengolah data dan yang memberi perintah kepada seluruh bagian yang terdapat pada Ponsel.

4. Bagian Audio

Adalah yang mengolah proses Keluar masuknya getaran suara pada Ponsel.


1.1. BAGIAN TEGANGAN

Bagian tegangan ini terbagi dari beberapa komponen yang bekerja di dalam Ponsel, komponen itu antara lain adalah :

1. Batterai
2. IC Power Supply
3. Switch On/ Off
4. CPU

1. Saat Ponsel dalam keadaan mati, Batterai tetap memberi arus/tegangan ke Ponsel. yaitu ke IC PA, IC Regulator, IC Charging, IC Interface

2. IC Power Supply mengolah dan membagi Arus/Tegangan yang masuk dari Batterai kemudian mengeluarkan Tegangan Stanby ke CPU.Apabila terjadi kerusakan pada IC Power Supply,tidak akan ada tegangan stanby/ VBB dari Power Supply. IC Power Supply akan mengeluarkan tegangan (Output) setelah Ponsel di On kan , kecuali tegangan VBB yang berfungsi sebagai tegangan stanby.

3. Saat Ponsel Di On kan,CPU mendapat tegangan Negatif (-) dari Switch On/Off, kemudian CPU memerintahkan Power Supply untuk mensupply arus/tegangan ke setiap bagian pada Ponsel

4. Dalam pengisian ulang,arus/tegangan dari Charger masuk melalui Resistor Fuse yang berfungsi sebagai Sekring.apabila terjadi arus yang berlebih masuk ke IC Charging. Arus/ Tegangan yang masuk ke IC cahrging di olah dan dikeluarkan sebagai Output harus sesuai dengan Tegangan pada Batterai. Pada Ic Charging terdapat Charging Sense sebagai pengontrol berbentuk data yang berhubungan dengan IC Power Supply, Fungsinya apabila terjadi ketidak sesuaian dengan kinerja IC Charging,maka IC Power Akan memutuskan pengisian ulang dengan mengirimkan data ke CPU bahwa pengisian gagal.Dikenal dengan istilah Not Charging / tidak mengisi.

1.2. BAGIAN SIGNAL ( RX DAN TX )

Bagian Penerimaan Signal ( RX )

Pada Bagian ini, yang bekerja bekerja pada Ponsel terdiri dari beberapa komponen, komponen ini antara lain adalah :

1. Antena
2. Switch Antena/Duplexer
3. Filter RX (Penyaring)
4. Transistor (Sebagai Penguat RX)
5. IC RF/RF Proceccor
6. VCO
7. IC Power Supply

Untuk mengetahui bekerja atau tidaknya bagian RX,dapat diketahui dengan melihat dari setting Manual Network.Jika tidak mendapatkan daftar jaringan Operator, maka dapat dipastikan bahwa bagian RX bermasalah.

System kerja Komponen bagian RX :

1. Sinyal yang ditangkap/diterima oleh Antena diteruskan ke Switch Antena sebagai terminal

2. Switch Antena akan mengeluarkan dua Sinyal R bagi Ponsel Dual Band,yaitu DCS-RX(1800Mhz) & GSM-RX (900Mhz).kedua sinyal tersebut diteruskan Ke Filter sebagai sinyal RX,Sinyal RX akan disaring dan diteruskan ke Transistor sebagai penguat. Pada transistor kedua sinyal RX diperkuat untuk dapat diteruskan ke Filter untuk kembali disaring dan membagi sinyal menjadi 4 bagian,yaitu mengeluarkan dua sinyal DCS-RX dan Dua sinyal GSM-RX yang akan diteruskan ke IC RF.

3. IC RF/IF Mengolah sinyal RX dan disesuaikan dengan Frekwensi yang dibentuk oleh VCO.

Bagian Signal Pemancaran ( TX )
Pada Bagian ini,yang bekerja bekerja pada Ponsel terdiri dari beberapa komponen, komponen ini antara lain adalah :

1. Antena
2. Switch Antena
3. Filter TX ( Penyaring )
4. IC PA
5. IC RF
6. VCO
7. IC Power Supply

Untuk mengetahui bekerja atau tidaknya bagian TX (Pemancaran), dapat digunakan lampu radiasi, multitester, dan melakukan panggilan ke nomer SOS/Emergency (ke 112) tanpa simCard terpasang.

Cara melakukannya pengecekan dengan multitester adalah :

1. Hidupkan Ponsel dengan atau tanpa menggunakan Sim Card
2. Lakukan panggilan keluar
3. Tempelkan multitester di dekat bagian antenna (kalibrasi Multitester pada AC 10V)
4. Apabila jarum multitester bergerak, berarti TX bekerja.

System kerja Komponen bagian TX

1. VCO membentuk frekwensi yang akan diproses oleh IC RF membentuk empat sinyal Output,yaitu Dua sinyal DCS-TX dan Dua GSM-TX untuk di teruskan ke bagian Filter TX (Pemancaran).VCO jg berfungsi sebagai Power Detector untuk mengatur tegangan pulsa dari IC RF dalam pengiriman data ke CPU.

2. Pada Filter keempat sinyal Output yang di kirim oleh IC RF di bentuk menjadi dua sinyal TX,yaitu DCS dan GSM untuk diteruskan ke IC PA

3. Pada IC PA kedua sinyal tersebut diperkuat untuk pemancaran kemudian diteruskan ke Filter TX.

4. Pada Filter Kedua sinyal tersebut disaring dan diteruskan ke bagian Switch Antena

5. Switch Antena yang berfungsi sebagai terminal dan menggabungkan kedua sinyal DCS dan GSM untuk dipancarkan melalui Antena

Secara keseluruhan Bagian Sinyal pada Ponsel dibantu Oleh IC Audio sebagai penguat awal sinyal suara yang berasal dari bagian penerimaan (RX) untuk diteruskan pada Loud Speaker dan Penguat awal sinyal suara yang berasal dari Microphone untuk diteruskan kebagian pemancaran (TX) melalui IC RF/IF.

Kristal 26 Mhz berfungsi sebagai Pembangkit sinyal untuk mengontrol sinyal yang ada pada IC RF yang di kirim ke IC Audio pada bagian AFC (Automatic Frekwensi Control) juga sebagai pengatur tegangan sesuai dengan kebutuhan komponen-komponen terkait yang dikendalikan oleh CPU.

bersambung.......

Selengkapnya - Blok / Bagian Yang Bekerja Pada Perangkat Ponsel

Thursday, October 21, 2010

Cara Install Windows XP 10 Menit - Bagian I

Artikel ini adalah awalan ketika kita mau install Windows XP dalam 10 Menit. Dan yg kang Eko bahas kali ini adalah tentang Urutan Cara Install Windows XP 10 Menit. Jadi untuk cara detailnya ada di posting berikutnya, karena kalau langsung dibahas disini terlalu panjang. Mari kita lanjuuttt ...

File Image Ghost ini adalah hasil dari Windows kita yg dijadikan 1 file image .gho oleh program norton ghost. Dan kebetulan kali ini kang Eko menggunakan Hiren's CD yg didalamnya sudah ada Norton Ghost 11.5.
Hiren's CD bisa di cari dan download  di sini. trus klik search.

Berikut Urutan Cara Install Windows XP 10 Menit :

1. Bagi harddisk menjadi 2 bagian / partisi.

2. Instal windows xp + software pelengkapnya (winamp, adobe reader, dll). Tapi jangan install drivernya.

3. Ubah IDE Controller Driver di Device Manager menjadi Standart agar windows tidak blue screen jika dipindah ke komputer lain. Caranya baca di Cara Agar Windows tidak Blue Screen ketika Di Pindah ke Komputer lain.

4. Jika Instalan Windows dan software standart pelengkapnya sudah OK, selanjutnya adalah ....

5. Buat file Image Ghost dari Instalan Windows yg kita buat tadi. Buat Imagenya yang PARTISI TO IMAGE. Agar bisa digunakan lebih flexibel, yaitu bisa kita pasang di komputer servisan yg windowsnya rusak sedangkan datanya ada di drive selain C.

6. File Image Ghost ini bisa digunakan untuk install di sembarang komputer dengan catatan. (catatan ada di bagian bawah)

7. Siapkan komputer yg akan di install, bisa komputer baru, bisa komputer servisan.
INGAT JANGAN SAMPAI SALAH RESTORE GHOST karena data akan di tumpuk dengan FILE IMAGE GHOST (data bisa hilang).

8. Pasang Harddisk yg akan di install dan Harddisk yang ada FILE IMAGE GHOST yg baru dibuat tadi.

9. Untuk Komputer baru : bagi harddisk minimal 2 bagian, kemudian Restore File Image Ghost tadi dengan perintah ghost PARTITION FROM IMAGE ke drive C dengan sumber image dari FILE IMAGE GHOST yg kita buat tadi.

10. Untuk komputer servisan : pastikan drive C (drive yg akan di install ulang) tidak ada datanya (jika ada data pindah semua data ke drive / harddisk lain). Kemudian Restore File Image Ghost tadi dengan perintah ghost PARTITION FROM IMAGE ke drive C dengan sumber image dari FILE IMAGE GHOST yg kita buat tadi.

11. Proses restore FILE IMAGE GHOST ini butuh waktu kurang lebih 10 menit, bahkan bisa kurang tergantung spesifikasi komputer kita.

12. Jika sudah selesai proses ghostnya. Matikan komputer dan lepas harddisk yg ada file image ghostnya. INGAT langkah ini penting, karena kalau harddisk sumber tidak dilepas maka hasilnya windows tidak akan bisa login.

13. Kemudian test windowsnya dan windows akan mendeteksi hardware baru. Dan install driver yg belum terpasang.

14. Selesai.

CATATAN :

1. Image Ghost Komputer Pentium 3 800Mhz bisa digunakan untuk restore ke Pentium 3, 4 soket 478, 4 soket LGA, bahkan kadang Laptop seri lama.

2. Image Ghost Komputer Pentium 4 soket 478 bisa digunakan untuk restore ke Pentium 3, 4 soket 478, 4 soket LGA, bahkan kadang Laptop seri lama.

3. Image Ghost Komputer Pentium 4 soket LGA bisa digunakan untuk restore ke Pentium 4 soket 478 (tapi ada yg gak bisa), 4 soket LGA.

4. Untuk restore laptop, maka kita harus membuat image ghostnya dengan windows laptop juga, karena kebanyakan image ghost dari PC tidak berhasil.

Untuk penyimpanan File Image Ghost :

Bisa dg Harrdisk, Flasdisk, ataupun harddisk external, yang penting bisa dikenali oleh program Norton Ghost 11.5 tadi.

Dan cara ini sering juga kang Eko gunakan untuk Windows Seven dan berhasil.
Bersambung di Cara Install Windows XP 10 Menit - Bagian II ,.....


Selengkapnya - Cara Install Windows XP 10 Menit - Bagian I

Wednesday, October 20, 2010

Cara Service LCD Acer AL1517 Power Nyala Tapi Layar Gelap

Alhamdulillah, akhirnya posting lagi. Bahasan kang Eko kali ini adalah tentang Cara Service LCD Acer AL1517 Power Nyala Tapi Layar Gelap. Kasus ini sangat sering terjadi, tidak hanya terjadi pada LCD merk ini, tapi merk lain pun kasusnya sama. Mau tau cara servicenya ...?


Indikasi Kerusakan :

Ketika LCD dinyalakan, led power nyala, dan kadang nyalanya kedip-kedip, tapi layar tidak ada gambar sama sekali alias gelap.

Cara Service LCD Acer AL1517 Power Nyala Tapi Layar Gelap :

1. Buka ke lima sekrup LCD dibagian belakang. Sekrup yg 1 letaknya di tengah bawah, ketutup sama penutup kaki. Songkel penutup kakinya baru kelihatan sekrupnya.

2. Cari modul Power Suplynya, karena masalahnya ada di sini.


3. Cek apakah ada Elco yg melembung, kalau ada segera ganti. Kalau tidak ada elco yg sesuai cari yg ukurannya lebih besar, misal 870uF/10v bisa diganti dengan 1000uF/16v, malah lebih bagus.

4. Elco yg melembung menyebabkan tegangan turun yg tadinya 12v jadi dibawahnya, dn yg tadinya 5v jadi dibawahnya juga. Dan inilah penyebab LCD tidak mau ngangkat INVERTER nya (kalau monitor CRT = Flybacknya), karena tegangan kerja turun.


5. kalau sudah di ganti bisa langsung di coba...

6. Kalau masih belum nyala, cek fuse / sekring setelah tegangan 12v dari Trafo Power suply, biasanya putus.


7. OK, selamat mencoba....

Semoga sukses .....


Selengkapnya - Cara Service LCD Acer AL1517 Power Nyala Tapi Layar Gelap

Tuesday, October 19, 2010

Memahami Baterai Ponsel

Posting kali ini adalah tentang ponsel atau HP. Sebenanrnya kang Eko sendiri tidak tahu betul masalah ponsel, hanya tahu sedikit2x. Tapi ada salah seorang pengunjung blog yg ingin berbagi tentang ponsel. Ya kang Eko sangat berterima kasih dan semoga tulisan ini bermanfaat....

Oya pengirim artikel ini adalah Jezy Aditya yg kebetulan adalah pengajar kursus ponsel di daerah Ciputat. Insya Allah Mas Aditya ini akan kirim artikel secara runut, sehingga yg pengin belajar ponsel bisa belajar dari blog ini juga.

Baik...kembali ke pokok judul :
Memahami Baterai Ponsel

Sebuah Baterai ponsel memiliki Standard minimum untuk dapat menghidupkan Ponsel hingga memasuki Menu utama Ponsel.
Standard minimum baterai ponsel adalah 3,6v DC.

Jika Tegangan baterai berada dibawah standard minimum,maka pastinya ponsel tidak dapat dihidupkan. Jika tegangan baterai berkisar 3,4v - 3,5v DC, Maka saat ponsel dihidupkan, hanya akan tampak Berkedip atau hidup sesaat lalu mati dengan sendirinya. Hal seperti ini seringkali membuat pengguna ponsel khawatir dengan keadaan ponselnya. Hingga terkadang mengambil kesimpulan bahwa ponselnya mengalami kerusakan pada Operating Systemnya / Software, Terkena Virus, dll.

Apalagi jika tegangan baterai jauh berada dibawah standard minimum tegangan baterai, Maka jika ponsel dicoba untuk melakukan pengisian baterai, ponsel seperti tidak merespon apapun. Dan Ponsel disangka mati total. Padahal hal seperti ini wajar adanya. Karena jika tegangan baterai jauh berada dibawah Standard minimum, maka untuk dapat menampilkan Display indikator pengisian baterai (gambar Baterai mengisi), Ponsel membutuhkan Delay antara 5 - 10 menit.

Dan perlu diketahui bahwa pada kondisi ponsel dimatikan, Baterai tetap menyalurkan tegangan ke beberapa komponen seperti IC Power, IC Power Amplifier/IC PA, IC User Interface/IC UI, dan IC Control Charger, hingga tegangan baterai benar-benar terkuras habis.


Ikuti terus artikel tentang Ponsel berikutnya....
Selengkapnya - Memahami Baterai Ponsel

Monday, October 18, 2010

Cara Download Driver Semua LanCard dan WiFi

Kali ini kang Eko mencoba sharing tentang driver semua LAN. Ini merupakan kelanjutan dari cara download driver all part dari komputer ataupun laptop kita. Driver semua LAN ini bentuknya 1 file exe dan bisa mendukung hampir semua driver LAN ataupun WiFi yg telah ada. Mau tahu kelanjutannya ....?

Tulisan ini kang EKo buat karena ada pertanyaan dari salah satu pengunjung blog ini, berikut kutipannya :

"sebelumnya makasih atas segala infonya....mau tanya nih...klo yang mau dicari driver lan internetnya, bagaimana cara conect ke internet nya bang...????..masalahnya saya sering banget gak dapet untuk driver lan internetnya setelah instal windows.......akhirnya sering aku ganti pake lan PCI yang dah ada drivernya....mohon petunjuk...thnkkiyu"

Betul juga ya.... bagaimana kita bisa download driver perangkat komputer kita kalau LANnya saja belum terinstall.
Tapi ga usah khawatir berikut ini kang Eko akan berbagi tentang driver yg mendukung hampir semua LAN dan WiFi, yg bentuknya cuma 1 file exe dengan ukuran sekitar 36Mb.
Jadi tetep anda harus download dulu file ini, hanya 1 kali saja dan anda tidak perlu online lagi untuk mencari driver LAN...


Berikut Linknya :
DOWNLOAD 3DP NET

Cara menjalankannya tinggal dobel klik file 3dpnet tadi, maka dia akan mengextract sendiri filenya ke drive C trus klik driver dan next trus tunggu sampai selesai...






Selamat mencoba .....

Selengkapnya - Cara Download Driver Semua LanCard dan WiFi

Saturday, October 9, 2010

Cara Reset Samsung ML-2240

Printer Samsung ML-2240 adalah printer laser yang ekonomis. Akan tetapi, printer ini akan berhenti bekerja setelah ngeprint 2100 halaman. Printer akan nge Blink merah terus menerus dan minta ganti toner. Tapi ada cara untuk meresetnya, mau tahu caranya....?

Cara Reset Samsung ML-2240
1. Buka cover belakang, dengan membuka 2 mur / sekrup.


2. Ada 2 board, yg satu adalah Modul Power Suply dan satunya lagi Board Printer yg warna hijau.

3. Cari IC eeprom kecil 93C66 kaki 8 di Board Printer Hijau.


4. Hubungkan PIN 1 dan 4 pada kaki IC kecil 93C66 dengan kabel kecil yg disolder.


5. Kemudian pastikan semua kabel terpasang kembali, dan nyalakan printer Samsung ML-2240. (jangan lupa colokkan kabel listriknya)

6. Tunggu beberapa saat hingga Printer Samsung ML-2240 selesai kalibrasi dan lampu nyala hijau.

7. Setelah lampu nyala Hijau, matikan printer.

8. Lepas kabel kecil yg menghubungkan pin 1 dan 4 IC 93C66.

9. Tutup kembali printer Samsung ML-2240, jangan lupa pasang sekrupnya.

10. Printer Samsung ML-2240 siap digunakan kembali.

Cara Resetter ini bisa digunakan untuk Samsung ML-2240.

Selamat mencoba dan semoga berhasil .....
Dengan klik iklan kumpulblogger, anda telah berdonasi untuk blog ini... hehehehe...
Selengkapnya - Cara Reset Samsung ML-2240

Cara Reset Samsung ML-1640, ML-1641, ML-1645

Printer Samsung ML-1640, ML-1641, ML-1645 adalah printer laser yang ekonomis. Akan tetapi, printer ini akan berhenti bekerja setelah ngeprint 2100 halaman. Printer akan nge Blink merah terus menerus dan minta ganti toner. Tapi ada cara untuk meresetnya, mau tahu caranya....?

Cara Reset Samsung ML-1640, ML-1641, ML-1645
1. Buka cover belakang, dengan membuka 2 mur / sekrup.


2. Ada 2 board, yg satu adalah Modul Power Suply dan satunya lagi Board Printer yg warna hijau.


3. Cari IC eeprom kecil 93C66 kaki 8 di Board Printer Hijau.


4. Hubungkan PIN 1 dan 4 pada kaki IC kecil 93C66 dengan kabel kecil yg disolder.


5. Kemudian pastikan semua kabel terpasang kembali, dan nyalakan printer Samsung ML-1640, ML-1641, ML-1645. (jangan lupa colokkan kabel listriknya)

6. Tunggu beberapa saat hingga Printer Samsung ML-1640, ML-1641, ML-1645 selesai kalibrasi dan lampu nyala hijau.

7. Setelah lampu nyala Hijau, matikan printer.

8. Lepas kabel kecil yg menghubungkan pin 1 dan 4 IC 93C66.

9. Tutup kembali printer Samsung ML-1640, ML-1641, ML-1645, jangan lupa pasang sekrupnya.

10. Printer Samsung ML-1640, ML-1641, ML-1645 siap digunakan kembali.

Cara Resetter ini bisa digunakan untuk Samsung ML-1640, ML-1641, ML-1645.

Untuk Reset Samsung ML-2240 KLIK DI SINI

Selamat mencoba dan semoga berhasil .....
Dengan klik iklan kumpulblogger, anda telah berdonasi untuk blog ini... hehehehe...
Selengkapnya - Cara Reset Samsung ML-1640, ML-1641, ML-1645

Friday, October 8, 2010

Macam - Macam Koneksi Video

Berikut ini adalah beberapa koneksi video yang dipergunakan pada TV Plasma / LCD atau LCD Monitor. Salah satu fungsinya untuk menyambungkan video game, TV kabel, DVD, atau bahkan Computer anda, sedikitnya anda membutuhkan sebuah koneksi video ini. Belakangan ini, koneksi video ini pun datang dengan berbagai pilihan dan keunggulan. Manakah yang memberikan hasil paling prima?


COMPOSITE VIDEO


Kabel Composite-video ini diciptakan ketika masa transisi televisi hitam-putih ke televisi berwarna tahun 1950-an. Kabel ini dapat dipakai baik pada televisi hitam-putih maupun televisi berwarna. Pada saat itu, ini adalah pilihan terbaik untuk meneruskan signal. Saat ini, dengan semakin kompleknya kualitas dan informasi yang terkandung pada tiap gambar, kabel ini tidak lagi cocok untuk dipakai. Hasilnya akan sangat tidak maksimal pada LCD TV yang memiliki informasi dan tingkat ketajaman gambar yang luar biasa. Kabel ini sebaiknya tidak ada dalam kotak perkakas anda.

S-VIDEO



Kabel S-Video ini dikembangkan pada akhir 1980-an untuk memecahkan beberapa masalah pada kabel composite video. Kabel ini memiliki kemampuan untuk memisahkan warna dan meneruskan signal yang lebih jernih ke televisi.

COMPONENT VIDEO


Kabel Component video meningkatkan kualitas gambar tidak hanya dengan memisahkan warna dari hitam-putih namun dengan memecah sinyal warna menjadi bagian-bagian. Ketika sinyal gambar dikirim dalam 3 bagian/kabel, anda akan memiliki hasil gambar yang tidak terkompresi dengan resolusi yang lebih tinggi. Inilah sebabnya mengapa kabel ini menjadi pilihan utama untuk LCD TV akhir-akhir ini. Sebelum ditemukan adanya kabel HDMI, kabel jenis ini memberikan hasil terbaik karena pada dasarnya anda menikmati kualitas gambar tanpa filter dari sumber ke televisi anda.

DVI
Digital Video Interlace .
Didesign untuk memaksimalkan kualitas Gambar seperti pada LCD monitor atau Digital Projector .


Variasi DVI antara lain ;

1. DVI-A single dan double Link
Yang sepenuhnya digital, Juga memiliki kompatibilitas tertinggi dibanding versi double link. DVI-A hanya membawa signal analog

2. DVI-I pada Computer (PC) tidak hanya membawa signal digital tapi juga signal Analog RGBVH melalui 4 pin tambahannya

3. DVI-D mirip dengan DVI-I tetapi tidak memiliki 4 Pin tambahan

IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) 1394 / FIREWIRE



Pada awalnya, FireWire merupakan jagoan yang cukup diunggulkan, karena standar ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada USB versi awal yang hanya 12 Mbps. FireWire sendiri mampu mencapai 400 Mbps (FireWire 400) dan 800 Mbps (FireWire 800). Versi 2.0 USB mendongkrak laju transfer data teoretis menjadi 480 Mbps, tetapi ini tidak mengubah kelebihan mendasar FireWire yang lain. Dan pada praktiknya, peranti FireWire 400 sering lebih cepat dari USB 2.0, meskipun kecepatan teoretisnya lebih rendah.Asosiasi IEEE 1394 yang mengatur standar FireWire sudah mengumumkan versi standar baru yang dapat menghantarkan data sampai 3,2 Gbps. Antarmuka standar baru ini dirancang kompatibel dengan konektor FireWire 800 yang saat ini sudah beredar di pasaran.Standar baru ini diharapkan akan disetujui dalam waktu dekat, tepatnya Februari 2008. Ini bisa jadi sedikit lebih cepat daripada versi terbaru standar pesaingnya, USB 3.0, yang direncanakan diratifikasi pada paruh awal 2008.

HDMI

Kabel HDMI adalah koneksi multi-pin yang dipakai untuk menyalurkan sinyal high definition digital video. Konektivitas ini biasanya ditemui pada LCD TV, DVD dan gadget generasi terbaru. Kabel HDMI ini sanggup menangani lalu lintas sampai dengan 5 Gbps. Dengan kapasitas sebesar ini, begitu banyak informasi dapat disalurkan melalui sebuah kabel tanpa kompresi. Kabel HDMI hampir sama dengan kabel DVI pada computer dan video card. HDMI Merupakan Kombinasi signal video dan Audio ke dalam interface digital. Compatible dengan HDCP (High Bandwith Digital Content Protection atau High Definition Content Protocol) dengan tujuan mencegah pembajakan dari isi digital suatu program . Mampu Menyalurkan data yang tidak mengalami kompresi (uncompressed).

DISPLAY PORT 1.1



Keberadaan DisplayPort 1.1 ini baru saja disahkan oleh konsorsium standar elektronik, VESA, April tahun ini. Sebagai standar baru koneksi audio video. Keberadaannya sontak, membuat posisi HDMI yang lebih dahulu eksis , tersaingi.
Dibanding dengan HDMI, Display Port memiliki keunggulan lebih ekonomis dan kompatibel ke banyak perangkat. Bukan hanya itu, DisplayPort 1.1 juga tidak memberlakukan lisensi semahal HDMI. Lisensi untuk sinyal berdefinisi tinggi dibagi menjadi 2. Pertama, untuk grup DVI (DVI-HDCP, HDMI, UDI) dan grup DisplayPort. DisplayPort didukung oleh perusahaan AMD, Dell, Genesis Microchip, Hewlett-Packard, molex, Vidia, Philips, Samsung dan Tyco Eelectronics. Sedangkan HDMI masih diunggulkan oleh perusahaan Hitachi, Panasonic, Philips, Sony, Silicon Image, Thomson dan Toshiba. DisplayPort menghantar sinyal clock dan audio dalam transfer rate 1,62-2,7Gbps dengan tingkat sinyal video 8 atau 10 bit per kanal warna. Sinyal video resolusi tinggi ini bahkan dapat lebih tinggi dari sistem dual link DVI (2560 X 1600 pixel). Namun, sinyal video DisplayPort tidak kompatibel dengan format DVI dan HDMI.





Selengkapnya - Macam - Macam Koneksi Video

Thursday, October 7, 2010

Cara Reset Canon IP2770 Error 5B00

Resetter iP2770 ini dikirim oleh sahabat kita di Jambi, dan RESETTER IP 2770 ini sudah Kang Eko coba dan berjalan dengan sempurna. 100% working. Resetter ini bebas password... dan GRATIS

Selengkapnya - Cara Reset Canon IP2770 Error 5B00

Template by : ekohasan.blogspot.com