03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Saturday, July 17, 2010

Kerusakan - Kerusakan Pada Flyback

Posting kali ini adalah tentang kerusakan - kerusakan yang sering terjadi di flyback. Memang penjelasannya agak sedikit berbelit tapi kang Eko berharap ini dapat memberikan wawasan bagi kita semua.... Lanjuuuttttt....

Sebelumnya kang Eko ingin menjelaskan perbedaan flyback TV dan Monitor yaitu pada capasitor internalnya. FBT Monitor mempunyai internal capasitor untuk meningkatkan hasil kualitas gambarnya. Tanpa internal capasitor tampilannya akan terlihat bengkok atau cacat bentuk terutama pada bagian Kiri dan Kanan Gambar.

Berikut ini Kerusakan - Kerusakan Pada Flyback :

Ada 9 masalah yang biasa ditemukan pada FBT problem :

1. Konslet atau Shortnya kumparan Primer
2. Open atau Short pada capasitor internal di bagian sekunder FBT
3. FBT menjadi membengkak atau hampir pecah, atau bahkan sudah pecah
4. Bagian Luar FBT memercikkan atau memancakan bunga api (bocor) ke Ground
5. Bagian Dalam memercikan atau memancarkan (bocor) diantara Lilitan primer dan sekunder
6. Short di bag dalam Dioda High Voltage pada Lilitan sekunder
7. Kerusakan pada Pembagi Tegangan Focus / Screen yang mengakibatkan Tampilan menjadi Kabur ( Blur )
8. FBT mengalami kerusakan pada saat full operating voltage ( Kondisi Under load )
9. Short di diantara Lilitan primer dan sekunder

Gejala atau tanda apa sajakah yang terlihat Jika terjadi short pada Lilitan Primer ?

* Tidak ada Tampilan ( No High Voltage )
* Power Blink
* Tegangan B+ drop
* Transistor Horz output akan menjadi Panas sekali dan lama kelamaan menjadi short
* Disekiotar Jalur B+ beberapa Komponen akan mengalami kerusakan, seperti diode di sekunder UF5404 dan FET B+ IRF 630, short.
* Terkadang menyebabkan bagian Power menjadi Jebol.

Gejala atau tanda apa sajakah yang terlihat Jika terjadi internal Capasitor Open atau short di bagian dalam FBT ?

Jika Internall Capasitornya Short :

* Power Blink
* Tegangan B+ drop
* Transistor Horz output akan menjadi Panas sekali dan lama kelamaan menjadi short
* Disekitar Jalur B+ beberapa Komponen akan mengalami kerusakan, seperti diode di sekunder UF5404 dan FET B+ IRF 630, short.
* Terkadang menyebabkan bagian Power menjadi Jebol. Contoh Merk Raffles 15’
* Bagian Power mengalami shut down, seperti contoh Merk Compaq V55,Samtron 4bi,dll
* Terkadang Komponen pada Bagian ABL (Automatic Brightness Limiter) terbakar, Bagian ini biasanya terdapat disebelah FBT , contoh Merk LG 520 Si.

Jika Internal Capasitornya Open :

* High Voltage shutdown
* Monitor akan terdengar Tik-Tik-Tik, Kadang Jika capasitor kita ukur hasilnya Baik baik saja, Namun akan mengalami Breakdown ketika pada kondisi Full operating Voltage
* Transistor Horz output akan Jebol/Putus dalam beberapa jam atau hitungan hari setelah anda menggantinya.
* Kadang kadang menyebabkan tampilan “No display”
* Gambar yang terdistorsi
* Dapat menyebabkan Transistor Horz output short dan merusak bagian Power

Anda mempunyai 3 Pilihan Jika sebuah Internal Capasitor pada FBT mengalami open atau short :

* Menggantinya dengan FBT yang baru jika anda mendapatkannya di pasaran
* Berusaha mencari FBT refurbish Jika sangat sulit sekali mendapatkan part originalnya..
* Melakukan Modifikasi atau istilah para praktisi Teknik adalah Mencangkoknya
* Pilihan terakhir Kembalikan Monitor kepada konsumen Jika tidak dapat menemukan komparasi dari FBT tersebut.

sumber : http://zhillanku.multiply.com


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

14 komentar :

bondie said...

sudah saya coba..terima kasih

trustsolder02 said...

Kang Eko,Berapa voltAc..biasanya untuk Vcc basis tr horisontal yg memenihu standart?.thanks

Eko Supriyanto said...

trustsolder02 :
Vcc basis tr horisontal kecil banget mas 0.01vdc. Kalau saya biasa ngeceknya di trafo oscilatornya yaitu trafo yg mensuply vcc basis. Biasanya tak cek tegangan AC di kaki primer 8-10vac.... itu saja.....

Unknown said...

tnkyu mas infonya.....saya pernah mencoba fbt tv,saya gunakan untuk mencangkok fbt monitor karena kerusakanya adalah lama2 buram maksudnya adalah untuk mengganti vr fokusnya dengan vr fokus fbt tv....tapi yang terjadi monitor tersebut malah gak mau nyala....malah gak ada tembakan fbt....setelah saya lepas nyala lagi....apakah vr fbt tv berbeda dngan vr fbt pada monitor...??? atau ada yang lain...???mohon penjelasanya....!!!makasih...

Eko Supriyanto said...

Flyback Monitor dan Flyback TV beda, arah lilitan didalam flyback berlawanan,
Jadi flyback tv tidak bisa untuk cangkok flyback monitor.

Tapi Flyback TV bisa dimodifikasi untuk mengganti flyback monitor, sy dulu sering menggunakan flyback tv panasonic untuk ganti flyback monitor

Nugroho said...

kang eko salam kenal.... sekalian nanya gimana cara pasang flyback panasonic untuk modifikasi flyback monitor? dan untuk merk monitor apa saja yang pernah dikerjakan?

Eko Supriyanto said...

NUGROHO :
hampir rata2x monitor bisa di modifikasi flybacknya, tapi ada juga yg sangat susah di modifikasi terutama yg semua pin flybacknya dipakai. cara ganti flyback baca di
http://ekohasan.blogspot.com/2010/07/ok-kali-ini-kang-eko-akan-mengulas.html

copy link tsb trus paste di browser

naufal said...

mas saya mau berbagi ilmu dikit untuk

memperbaiki palyback monitor crt yg rusak tp link aja saya kasih

abis susah jelaskannya

http://www.4shared.com/get/VCc14gYL/cara_memperbaiki_playback_shot.html

musafir_war said...

mas eko...berapa Nomor kode flayback monitor LG Flatron T7030SH,dan berapa Nomor kode flayback Samsung 591S soalnya codenya udah terhapus.. kira2 brp harga yg baru.. thanks banget kang..

arsyad said...

kang eko monitor saya Samsung 15" klo dinyalakan pertama kali gambarnya blur, tp klo udh sampai kira2 20 menitan lamanya baru agak jelas.
tu yg masalah Flybacknya apa sokcet CRTnya ?,
mohon petuahnya kang .........
trims sblmnya kang ..........

emzee said...

Mas mo nanya nihh. Aku baru aja betulin monitor samsung 17" syncmaster cpn17sg. Dengan kerusakan ic str psu tipe DP704C Terbakar, dan komponen diode 1n4148 short. stelah aku ganti. monitor hidup tp masih ngeblink. relai selalu bunyi klik2. tr horizontal coba aku lepas. masih sama. semua output psu ke beban aku lepas. dan aku ukur semua tegangan naik turun kayak ngeblink. padahal semua elco sudah aku ganti. bagian tr horizontal dan tr irf aku ukur gak ada masalh. kira2 apanya y mas yang masih rusak.trims

emzee said...

Mas mo nanya nihh. Aku baru aja betulin monitor samsung 17" syncmaster cpn17sg. Dengan kerusakan ic str psu tipe DP704C Terbakar, dan komponen diode 1n4148 short. stelah aku ganti. monitor hidup tp masih ngeblink. relai selalu bunyi klik2. tr horizontal coba aku lepas. masih sama. semua output psu ke beban aku lepas. dan aku ukur semua tegangan naik turun kayak ngeblink. padahal semua elco sudah aku ganti. bagian tr horizontal dan tr irf aku ukur gak ada masalh. kira2 apanya y mas yang masih rusak.trims

emzee said...

Mas mo nanya nihh. Aku baru aja betulin monitor samsung 17" syncmaster cpn17sg. Dengan kerusakan ic str psu tipe DP704C Terbakar, dan komponen diode 1n4148 short. stelah aku ganti. monitor hidup tp masih ngeblink. relai selalu bunyi klik2. tr horizontal coba aku lepas. masih sama. semua output psu ke beban aku lepas. dan aku ukur semua tegangan naik turun kayak ngeblink. padahal semua elco sudah aku ganti. bagian tr horizontal dan tr irf aku ukur gak ada masalh. kira2 apanya y mas yang masih rusak.trims

Anonymous said...

makasih min postingannya ini bermanfaat sekali...
lem lcd touchscreen

Template by : ekohasan.blogspot.com