03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Thursday, July 15, 2010

Cara Service Epson T20E Mati Total

Bahasan kang Eko kali ini adalah tentang Cara Service Epson T20E Mati Total. Indikasinya jika printer T20E tersebut ditekan tombol powernya tidak bereaksi apa-apa atau mati total. Apa yang terjadi dan bagaimana cara servicenya .....?

Mungkin Anda sering menjumpai kasus Epson Mati Total, tidak hanya T20E tapi Mati Total ini bisa terjadi di Epson type lainnya, misalkan T11, C90, C65, dll.
Jika printer dinyalakan tidak bereaksi sama sekali dan mati total.

OK langsung saja tidak usah basa-basi, berikut ini :

Cara Service Epson T20E Mati Total :

1. Bongkar printer dan ambil boardnya.

2. Cek keluaran power suplynya, kalau normal harus keluar tegangan 43-45vdc. cara cek tegangan disini



3. Kalau power suplynya normal, anda lanjutkan langkah berikutnya yaitu cek diodanya, seperti yang saya tunjukkan pada gambar.




4. Jika Diodanya short / konslet, berarti inilah sumber masalahnya. Cara cek dioda, baca di sini...
Dengan konsletnya dioda ini menyebabkan listrik dari power suply yg 43-45vdc ini menjadi ngeground atau konslet, sehingga kelihatan mati total.
Kebanyakan orang mengira power suplynya yang rusak padahal cuma dioda yg ada di mainboard printer T20E ini.


5. Ganti dengan dioda yg sama, yaitu dioda schotky seri SS16, Kalau kesulitan cari, bisa menghubungi saya di ekohasan-store.blogspot.com.

6. Selesai, tinggal mencoba ....

Ingat....!! kasus mati total printer epson ini tidak hanya terjadi pada T20E saja, tapi bisa terjadi pada T11, C90, C65, bahkan mungkin printer TX101,TX111, TX121, dll.

Selamat berkarya dan semoga berhasil.......


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

106 komentar :

Unknown said...

samakah dengan T60?

Unknown said...

pada T60 Mati Total, power Supply Bagus, Dioda pada Papan Utama Bagus. ??

Eko Supriyanto said...

G:
sudah dicek power suplynya belum ? kalau pwr suply normal mungkin sudah rusak chipsetnya atau IC yg didekat dioda 1x1cm sudah konslet...

Dimas Tri Wardoyo said...

mas cara ngelepasin dioda nya di mb ntuw gimana ya mas

MasBee said...

kang udah tk ganti diode (1A) nya koq tetep mati ya kang??? kira2 ada penyebab lainnya g y kang??? (power supply normal.) matur tengkyu sebelumnya kang

Eko Supriyanto said...

deemaz tri poenya :
pake solder biasa mas.... + tambahi tenol agar lebih mudah lepasnya...

D'worz :
Kalu dioda dah ganti tetep mati berarti sudah kena IC yg didekatnya IC kecil ...bentuk kotak...

Alumni SMA N 1 Lasem - 2003 said...

kang Eko, pnyQ C90 sama T11 tak coba G bisa pas cek sekreng (F) Ohm meter bergerak ke 0 (A-K, K-A). di pasang Dioda pengganti tetep sort. tapi pas dilepas diodanya normal.

Eko Supriyanto said...

FIRDYAN:
sebenarnya dioda hanya sebagai pengaman pada waktu konslet agar IC tidak rusak. Jadi tanpa dioda pun Board akan normal tapi bahaya....

xeonx said...

Kang Eko yang budiman, menindaklanjuti pertanyaan Kang D'worz, mengenai dioda yang sudah diganti, tetapi masih matot. Apakah IC yang dekat dioda itu kompatibel antara epson T11, T20, ato C90 (mungkin) ? bila kita blower dan ambil IC dari epson jenis Txx yang serupa? Matur Nuwun sak derengipun... :D

maliga said...

Salam Kenal Kang Eko ... saya asep dari garut,
epson t11 saya mati total, trus saya ganti dioda main board .. lampu nyala kembali ,, tapi nge blink
trus direset sesuai ptunjuk kang eko .. alhamdulillah epson t11 saya bisa ngeprint ... makasih banyak kang eko.
Tapi stiap printer dimatikan trus dinyalakan ... ngeblink lagi plus lampu merahnya menyala
saya coba pake ink cartridge alignment .. kadang bisa jalan kembali
masalahnya setiap saya matikan printernya .. trus dinyalakan ... penyakit ngeblinknya balik lagi
Tolong Kang Eko saya mohon saran dan pencerahannya
Terima kasih banyak

Eko Supriyanto said...

XEONK :
saya sendiri belum pernah coba mas, tapi kalau serinya sama biasanya bisa.... di coba aja untuk experimen

ASEP :
mungkin catridnya setengah rusak atau kotor di pinnya, coba bersihkan pin catridnya.....

maliga said...

Semoga cepat sembuh kang .. amiin

Eko Supriyanto said...

ASEP :
makasih mas.... Amiinn...

Unknown said...

mas gmn cara cex power saply printer canon ix4000,

Eko Supriyanto said...

WAYAN :
ukur dengan multi tester, biasanya keluar tegangan kecil 3v, karena power suply canon modelnya switching, dia akan bekerja manakala dipakai/dicolokkan ke mainboard printernya, dan kalau nggak dipakai maka akan kelaur tegangan standby aja.

doeng said...

wahh ....bermanfaat sekali neh info2nya...huehueheue...sekalian belajar service ah. kalo yg punya saya masalahnya gini kang pas di idupin cuma kedap kedip doang neh...kira2 apanya yah...?ga gerak kaya matot aja, pesan eror di printernya: spare part inside your printer must be service ...kira2 begitulah pesannya. oh printernya tipe T20E

Eko Supriyanto said...

doeng :
Pinter T20Enya minta reset. coba direset pake resetter T20, banyak yg sdh berhasil.

Caranya klik di Cara Reset Epson Stylus T20 secara Software " TERBARU "

Jhon_Cool said...

Mas Eko mohon bantuannya,
saya punya kasus pada printer t20e yaitu mati total, kemudian saya lakukan sepertinya cara anda dengan mengganti DIODA dengan dioda 2 ampere hasilnya hidup kembali, kemudian setelah beberapa hari mati total lagi dengan kandala di tombol ON/OFFnya setelah diganti hidup kembali, dan kemudian mati lagi.

yang saya tanyakan setelah ganti dioda dan ON/OFFnya kira2 kerusakannya ada dimana lagi

terima kasih.

Eko Supriyanto said...

Jhon_Cool :
dioda mati penyebabnya ada yg konslet di bagian head dan juga bordnya sendiri. konsletnya biasanya karena tinta.
Pastikan semua bagian yg ada hubungannya dg board bersih dari cipratan tinta....

J. Ps said...

mas eko.. help mas.. canon mp258 saya selalu keluar pesan error 5100. dan p02. saya coba reset manual dengan cabut-pasang kabel power.. eh sekarang semua mati total.. gimana cara benerinnya ya mas? for info, printer saya udah ngeprin >7000 halaman dan sudah pakai tinta infus,, trims atas bantuannya..

Anonymous said...

kang, minta tolong dong? printer epson T20E hasil cetaknya putus2, sudah saya cleaning tapi tetap aja, bahkan head udah diganti baru. tolong ya kang? hatur nuhun

Eko Supriyanto said...

Jelly :
coba cara ini mas :
Resetter iP2770 & Resetter MP258 Testing

Eko Supriyanto said...

computech.servicecenter :
head dah diganti baru ya?
tapi kalau masih putus2x menurut saya masalah masih tetep di headnya mas. Kalau putusnya seperti tulisan yg ada jeda paragrap itu sensor pita bening dibelakang head namanya encoder, biasanya kotor kena tinta

YN.RAHMAWATI said...

CARA INSTALL PRINTER T20E.. untuk menggunakan print document..

Eko Supriyanto said...

YN RAHMAWATI :
download drivernya jika belum punya.
jangan tancapkan dulu kabel USB ke printer.
Install drivernya, kalau dilayar minta kabel dicolokkan, baru kabel usbnya dicolokkan.
OK

G Ryant said...

Sebelumnya saya ucapkan salam kenal, T11 saya matot, setelah cek power supplay dan diode ok, tap[i ternya switch-nya yang rusak, mungkin bagi teman2 coba di cek juga switch on/off-nya dulu baru ke system rangkaiannya, terima kasih.

Eko Supriyanto said...

G RYANT :
makasih sharingnya...

admin said...

g mengatakan...
samakah dengan T60?
--------
Maaf, sedikit memberi info, menurut pengalaman saya, untuk t60 masalahnya bukan di Dioda tp transistor Supply Head, seri TT3034/TT3043 yg hrs diganti.

SECRET said...

punya saya epson t 11 sehabis membersihkan salkuran tinta kehead dg head cleaner pada warna biru,kenapa kok sekarang catridge biru dan kuning tak terdetek oleh printer?
Padahal chip hidup,sebab sudah saya coba pindahkan ke epson tx 101 seluruh tinta terdetek dg baik.

Eko Supriyanto said...

adjustment program :
makasih sharingnya..... ditunggu sharing berikutnya...

KESEHATAN :
coba pin di headnya dibersihkan mungkin kena tinta atau pin di catrid coba dikerik dengan cutter...

Unknown said...

suwun mas ilmune, tak dungakno lsn tambah sugih seger waras

Eko Supriyanto said...

NAJMI :
Amiinnnnnn...........

sohib said...

mas klau hasil prinnya t20 ngeblok hasilnya tu kenapa ya mas....? thanks

Eko Supriyanto said...

SOHIB :
baca di link ini
http://ekohasan.blogspot.com/2010/08/cara-service-printer-epson-t11-hasil.html

sohib said...

sudah tak ganti kabel flexibelnya tpi tetep ngeblok mas.....tak coba prin tes tek malah ngeblok...hasilnya ng ada teknya....apa mungkin main boartnya ya ...klau memang mainbortnya ap bisa diserviz atau apanya yang diganti dioda ap ic nya atua mungkin fiusnya? mohon pencerahanya....terima kasih

Eko Supriyanto said...

SOHIB :
sudah coba ganti headnya sekalian belum mas?
kalo sudah ganti head tetep sama, berarti memang boardnya sudah rusak di ICnya, dan kalo sudah kena IC susah servisnya mas, perlu ganti mainboard...

sohib said...

iya mas sudah tak ganti mainbordnya and ternyata biza....he he makasi ya mas eko....satu lgi mAS aq punya printer 1900 setelah dinyalain langsung rumahannya catrit nya jalan ng beraturan cm bergeser sedikit kenanan dan ke kiri bunyinya kasar bruk bruk trus lampu orengenya hidup ...sudah tak ganti mainbortnya punya printer lain tetep aj gtu...ap mungkin dinamunya ya? atau pembaca sensor dibelakang rumahan catridny dah hangus ya....mohon pencerahannya....

Eko Supriyanto said...

SOHIB :
kemungkinan encodernya sensor dibelakang rumah catrid. coba ganti dulu ...

sohib said...

sensor yang panjang....ntu ta mas....?

Unknown said...

mas eko saya ada masalah di epson c90, di lampu indikator nyala merah n ijo smua, ga berkedip...nyala gt aja terus...

nah di status monitor bilangnya "REPLACE CATRIDGE" gitu...n gambar level tintanya di X (silang) semua....

udah ane ganti catridge n kabel head (yg putih tipis) tetep aja ky gitu...

apa kemungkinan di mainboardnya ya mas?

Eko Supriyanto said...

SOHIB :
betul..

HENDI :
sekring / fuse di board ada yg putus.
sy dah pernah posting.
search aja di blog ini dg key catrid tidak terdeteksi

sohib said...

mas klau mau nyuci headnya t20 tu gmn caranaya? soalnya hasil tes prin yang warna hitam tidak maksimal.....

Eko Supriyanto said...

SOHIB :
beli cairaN cleaner head, merk terserah. trus rendam head tersebut selama semalam. trus sedot bagian permukaan head, sampai lancar. kalo hasil nihil : memang head sudah lemah.

Unknown said...

Mas cara bongkar boardnya gimana??susah bongkarnya..kl bisa step by step...kemarin saya coba bongkar susah ngelpasnya karena terjepit di tengah printer

Maskacrut said...

mas kalo printer canon MP145 mati total dan ip1200 dihidupin langsung blik(gak ada gerak dulu,tp langsung blink)
itu gimana ya?

Yusep said...

Mas Eko, ane dari purbalingga. Mohon Pencerahan, Jenis printer ip1880 ketika dihidupkan printer inialisasi trus blinking 7x orange 1x green. Yang sudah ane praktekan Sebelumnya ane resetter menggunakan software iptool dan general tool, ane penasaran mengganti kedua catridge warna dan hitam. Kondisinya masih sama blinking 7x green 1x orange, kira-kira apanya ya mass??

asoedkhan said...

printer saya t20e matot, tapi setelah di ganti dioda nya pake 1A. bisa jalan lagi dan bisa clening segala. tapi masalahnya klo mau ngeprint ketika kertas sudah masuk dan siap dicetak tiba2 priter diam. mohon solusinya mas !!! trims

Eko Supriyanto said...

prayitno :
cara bongkarnya belum punya panduannya, silahkan berkreasi sendiri, yg penting teliti...

Mr.Kacrut :
coba cek / ganti power suplynya atau seringnya board yg rusak.

Yusep :
kalo catrid warna dah ganti tetep blink 7x, berarti rumah catrid yg rusak dan harus ganti.

asoedkhan :
mungkin catrid bermasalah, coba bersihkan pinnya, bila nihil coba ganti...

asoedkhan said...

mas, klo suhu board panas apa biasa terjadi?

Eko Supriyanto said...

asoedkhan :
bersihkan pendingin processornya...

SUWARNO said...

Saya belum mau tanya dulu, soalnya beberapa postingan Kang Mas, sudah mantab-MANTAB...alias bekerja semua,...saya sedang mencoba memberanikan diri bongkar2, terus kalo ada masalah lihat postingan ini deh...Sorry ya mass, saya jadi nyontek...Matur Suwun.

mantap said...

Saya kebingungan mereset epson T20E soalnya saya pake program reset T20 Pada saat ada tulisan check saya klik maka muncul tulisan communication error begitu pula pada saat saya klik perintah initilization maka muncul tulisan error communicaion,tlg dong bang eko atau siapa yg tahu permasalahan,sebelumnya saya ucapkan trims cah yo tetap jaya from Sudirman sentosa

junes said...

mas mw nanya, kalu printer epson t121 yg rusak cipsetnya gimana ya mas? biaya servis nya berapa kira2.. trims

bony said...

Kang Eko numpang tanya nich! printer epson t13 apabila dihidupin catridgenya hanya bergerak satu kali dengan cepat dan kemudian lampu hijau dan orangenya berkedip bersamaan gmana cara ngatasinya? mohon bantuannya.

RAJAWALI COMPUTER AND DIGITAL IMAGE said...

Mas.. Printer TX 101 saat power dinyalakan, begitu nyala langsung mati dan klo di paksa lampu power nyala dan hang ga bisa dimatiin.. dan ga ada respon sama sekali di printernya.. klo respon kan lsg jalan catridge dan dinamonya.. itu kenapa ya?

Anjaka Hilmawan said...

Mas Eko, saya ada problem... printer saya Epson TX121, sebelumnya MATOT... setelah saya ganti dioda di boardx bisa lg.. tp sekarang matot lg.. setiap board di colokin ke power suplay mesti konslet.. kira2 apanya ya mas??? Terima Kasih Sebelumya....

asoedkhan said...

mas klo dioda buat t13 pake nya berapa ampere? ataw sama aja 1-2A. trus buat yang diadaprotnya berapa ampere juga? soalnya sudah dicek dioda yang di board dengan yang ada di adaptor semuanya konslet. mkasih sebelumnya ....

asoedkhan said...

nambah lagi ni mas, klo printer R230 setiap mau dipake mencetak kertas suka macet di dalam terutama klo kertasnya jenis photo, tapi klo pake kertas HVS bisa normal... kira2 apa yang masalahnya mas? kadang2 juga suka paper jam. kondisi AS msh bgus. makasih...

Hery.s said...

mas eko yang budiman, sy ada masalah dgn printer IX4000 mati total dan setelah dicek headnya kebakar, namun jika head dilepas terus printer di hidupkan printer tetap mati dan power suplay sdh dicek di pasang pada IX5000 punya teman tetap baik, yg membuat sy bingung apakah selain head yang rusak logicboard juga rusak? mohon pencerahannya mas...... terima kasih.

Eko Supriyanto said...

@ shoedeep81 : Selamat berpraktek ria.

@ Mantap : u/ reset T20E bisa dg cara ini, http://ekohasan.blogspot.com/2009/12/cara-reset-epson-stylus-t11-secara_04.html

@ Junes : TX121 kalau memang bener rusak chipset, berarti harus ganti board 1 unit. biaya sekitar 200rb-an

@ Bony :kemungkinan T13 encodernya kotor atau kalau itu infus, mungkin selangnya ada yg nyangkut.

@ Rajawali : kemungkinan besar board printer rusak dan perlu diganti board 1 unit, krn spare part chipset susah carinya

Eko Supriyanto said...

@ Anjaka : TX121 yg konslet bisa disebabkan oleh dioda yg short, atau ada kapasitor yg short, coba cek.

@ asoedkhan : lebih tinggi amperenya lebih baik, gunakan 1-2 A. kalau R230 nya aus di karet ASFnya, coba ganti, kalau gak ada berarti harus ganti 1 set ASF.

Eko Supriyanto said...

@ Hery : Kalau head konslet kemungkinan merembet ke Logic Board sangat besar. Jadi kalau menurut saya, boardnya juga sdh kena / rusak. Kalau board biasanya perlu diganti, kalau diservice susah.

Nur Ali said...

mas eko printer sy epson t13..
mas kenapa ya setiap kali ngeprint banyak halaman hanya bisa ngeprint 1 halaman dan untuk halaman selanjutnya selalu minta untuk masukin kertas/"paper out or not loaded corectly", padahal kertasnya masih ada mas. dan walaupun sudah ditekan tombol resume, si printer ga langsung ngeprint, tapi ada 1 atau 2 kertas yang tidak ada hasil printnannya alias lewat begitu saja, baru dikertas ketiga bisa ngeprint dan selanjutnya permasalahannya kembali ketas, minta masukin kertas lagi, capek mas klo ngeprint banyak bisanya cuma satu halaman aja yg bisa diprint..
saya udah bongkar bagian mekaniknya mas, tadi tetep nihil..
kira2 bagian apa ya mas errornya, apa mungkin bagian sensor, atau counternya?

terima kasih mas..

Eko Supriyanto said...

@ Nur Ali : T13 tidak bisa narik kertas karena ASF rusak / aus, coba baca di di LINK INI

Nur Ali said...

makasih mas buat infonya..

pin rettpin said...

gan kalo R230x mati total komponen apa yg hrs d ganti????

Junaedi said...

mas... T20 saya kondisi mati... setelah di cek ternyata memang diodanya konslet udah ganti dengan dioda baru tapi kok tetap mati.. tegangan di psunya normal 43v sama 45v... apanya yah yang rusak lagi?

faiz said...

kang Eko printer saya T11 matot, setelah di ganti diodanya alhamdulillah bisa jalan lagi.....
tapi masalahnya CISSnya jadi ga terbaca, sudah saya cek kabel fleksible nya dan saya ganti pake CISS yg baru, tapi tetap ga terbaca juga CISSnya.
mohon solusinya kang(^_^) Thanx.......

Arie El Classico said...

bang,,punya saya epson TX121,,pas ngeprint tiba-tiba matot,n g bsa d hdupin lagi,,kira2 apnya ya mas,,tlongin y mas ya,,lok mainboardx berapa harganya??Arie NTB,,mt tlng ms mas ya k 081917461251,,soalnya dsini gd warnet,,kampung mas

Ferdian Wahyu said...
This comment has been removed by the author.
Ferdian Wahyu said...
This comment has been removed by the author.
Ferdian Wahyu said...
This comment has been removed by the author.
Ferdian Wahyu said...

Minta Tolong Cara Service Epson TX111 Mati Total + gambarnya. Terima Kasih.

MUHAMMAD IRHAM said...

bos bagai mana ya printer epson tx 121 powernya gak bisa nyalani?????padahal kemaren nyala and normal2 aj.....bs bantu gak gan????? maksih sblmnya and di tunngu infonya......

Mr.Learning said...

salm bang eko,...
saya punya epson cx2800 printhead mati tapi scanner berfungsi baik,
tapi dengan syarat itu printhead tetep di pasang.
yang mau saya tanyakan...?
- ada gak cara supaya cuma scanner aja yang aktif (printernya di matikan), ato mungkin di ambil bagian scanner nya aja (printernya dibuang aja GT "soalnya udah beli printer baru..").
atas bantuannya saya sangt menghargainya.

Kriznan AC said...

mas eko,,
mau ikutan bertanya power suplay epson L200 ku arusnya yg 43VDC cuma 41VDC dan Yg 45VDC cuma 42VDC,trus kalo di pasang ke logic boarnya di power suplaynya ada bunyi, thu apanya ya yg perlu di cek ya mas??
mhon pencerahanya

JuraganAlarm said...

Mas Eko, ttg T20E matot. Setelah dioda dicabut, tp tnyata masih short antara positif dgn ground di pin power supply warna putih. dgn kabel dr power dicabut. apa ya Mas yg short? elconya kelihatannya bagus aja..

MEDIAPOSITIF said...

salam kenal mas ,,ane punta t11 ketika dion kan gerak head nya sedikit langsung merah.apa yang harus dilakukan / di ganti...tulung pencerahannya mas yang baik...?terimakasih

vrendy said...

salam kenal mas Eko.. saya punya printer epson T13 mati total.. apakah kerusakanya sama seperti epseon T13 tersebut..? power suply nya Normal.. terima kasih sebelumnya mas...

probo said...

salam kenal mas eko. Mau numpang tanya. Printer saya Epson T20. SAya instal di Windows 7 kok gak detect cartridge nya ya?Lampu printer nyala hijau normal. Driver sudah update terbaru.Di Tab mintenance, gambar cartridge nya gak aktif (buram). Sudah saya coba lepas-pasang cartridgenya tetap saja. Tapi saya cleaning pake Resetter Epson T20 dari Mas Eko bisa respon dan saya jalankan di Linux bisa nge print normal. Kenapa ya mas? Makasih bantuannya.
Probo

Eko Supriyanto said...

@Probo : pastikan dulu windows 7 nya, coba pasang di komp lain yg windowsnya 7 juga

permai said...

wahyu cahyono
kang eko kalau cari board tx121 dimana ya dan harga berapa ya kalau disemarang

Eko Supriyanto said...

Permai : kalau disemarang susah mas, coba search online aja...

permai said...

mas eko terima service epson tx121 nggak barangkali mungkin dioda yang rusak tempat dimana ya

d-flasher (upy pandawa) said...

"blue sky said...

mas eko,,
mau ikutan bertanya power suplay epson L200 ku arusnya yg 43VDC cuma 41VDC dan Yg 45VDC cuma 42VDC,trus kalo di pasang ke logic boarnya di power suplaynya ada bunyi, thu apanya ya yg perlu di cek ya mas??
mhon pencerahanya"
mas eko saya punya mirip dengan ini, printer L200. sekarang mati. kalau dpasang power suply bunyi cit cit dipsunya secara beraturan.

Eko Supriyanto said...

Mas Upy, kemungkinan board konslet dan membuat power suply drop dan berbunyi... cek seluruh fuse di boardnya

slapenz said...

siang mas eko.. saya ada masalah dengan epson t13... posisi printernya mati total... tapi waktu kabel listrik dipasang, ada bunyi tit tit tit ga berhenti dr mainboardnya.. kira2 yg rusak apanya yah?? saya sudah coba ganti 2 diodanya.. tapi tidak ada perubahan.. mohon bantuannya mas... trims..

Unknown said...

al akh eko mau nanya, sy punya printer t60 baru, beberapa kali ngeprint oke..tp tiba2 matot dan ada bau hangus pada boardnya, sy kanibal pake board lama, jalan beberapa kali tapi boardnya jebol lagi, padahal power supply sdh diganti, listrik stabil. kira2 apa yang salah...syukron

JASA KOMPUTER said...

mas, kalo dioda yang mati itu, bisa dijamper aja gak mas dengan kabel serabut.

Unknown said...

Mas, saya mau tanya.
Klo l200 mati total dan bunyi ciitt...ciitt..di power supplynya. Kira2 ap nya yg rusak?
Trims

Masaro said...

itu boardnya yang rusak seperti pengalaman saya

Masaro said...

buat mas mantap, eror comunication.. kalu udah direset ngga mau, itu penyebabnya pita bening dibelakang catridge, lepas jalur

Unknown said...

mas eko .. printer t20 saya selalu error paper out or not loaded correctly.. padahal kertas ada dan masuk seperti biasa, ada yang bilang katanyah sensor kertasnya kayaknya copot.. nah .. yang jadi pertanyaan sensor kertas itu adanya dimana? bentuknya seperti apa/ sama cara kerjanya gimana? suwun mas ..

Unknown said...

(Tolong d terawang)

ane punya printer L100 bermasalah, masih garansi sih. Tp sebelum ane klaim garansi, menurut penerawangan agan, masalahnya dmn?

masalah: printer selalu berhenti mencetak foto, mengeluarkan kertas dan mematikan diri sendiri

kronologis: tuh printer ane jaga baik2 n d rawat, gak pernah kebanting ato insiden lain.
-awalnya tombol resume gak berfungsi n gak bisa off dg cara normal
-2 minggu kemudian, terjadi masalah spt skrg
-udah ganti kabel power n data dg kabel lain
-os win8 32 bit


mohon penerawangannya­.

Unknown said...

Salam Kang Eko, mau tanya nih. Epson T20E saya mati gara2 banjir dibagian headprint dan terjadi short di fusenya. Selain dijumper dengan 1 kabel tipis, apakah bisa fusenya yang berkode "F" diganti dengan yang berkode "O"? Soalnya kalo cari2 dikomponen bekas susah amat cari yang kodenya "F" kebanyakan "O". Saya googling datasheet yang berkode "O" juga susah.

PULSA DAN SERVICE COMPUTER said...

assalamu'alaikum wr-wb, kang-eko saya berpikir kenapa terjadi pada dioda, pd hal dioda memang sangat jarang sekali putus walaupun dengan keadaan yang tidak memungkinkan, dan rata-rata mungkin fuse/sekring yang bisa putus, dan pertanyaan saya adalah: kenapa dioda bisa juga putus/short?? terima kasih

Unknown said...

om mau tanya printer saya epson T13 kenapa setiap kali saya pasang power nya selalu bunyi bip kerusakan ada di mana ya om ? terimakasih

Sriyati said...

epson L200,, udah 1 taun 1 hari matot...udah diganti dioda D1 yang short tapi masih tetep ngga idup...malah muncul bunyi ciiiiit..ciiiit,,kira2 kenapa yah ?? ada yg tau ?? please help me..

Unknown said...

Salam Kenal mas,
Aku punya printer Epson T13, kenapa waktu aku tekon tombol power, tuh lampu ijo menyala, tp satu detik mati lagi, begitu terus setiap aku nyalakan printernya.
apa bisa printer ngedrop ?
makasi Mas.

Unknown said...

Mas eko maaf nih ikut nimbrung, mas me32 saya matot, setelah saya periksaa diodanya memang sort kemudian saya ganti & hidup kembali tapi setelah satu minggu print mati kembali, mas kira2 yang rusak di bagian mana ya?
Power supply & dioda board normal
Terima kasih atas perhatiannya mas :)

Unknown said...

Mas,sy pnya T11 yg ngeblink trus,akhirnya sy cb jumper Fuse nya,sy pasng lg malah mati,sy cb ganti dioda ttp aja mati,cek pwr spply normal,trus sy ganti dgn board C90 yg normal.eh mlh ikut mati,padahal sy ganti sekalian rumah carriedgnya beserta kbel2nya..apanya ya mas...mpe bingung sy..terimakasih..

Unknown said...

mas. sudah dicoba cara ganti dioda
tapi gak nyala. eh saya coba cabut kabel flexibelnya lampunya hidup merah kedip". kalau kbel flexibelnya dipasang mati lagi..
mohonbantuanya

Unknown said...

Gan epson t60 lampu merahnya dua duanya ngedip apanya ya. Mohon pencerahannya

Unknown said...

maaf gan, minta solusinya.
saya punya epson tx400. awalnya normal, sehabis saya bongkar bersihkan handnya saja dan saya pasang semua, waktu nyalakn saya lupa masang tinta, waktu dinyalakan hidup sebentar trus mati lagi dan buni bip bip bip trus di power suplay. sempat saya cabut sambungan power suplay ke maderbot printer, tidak bunyi lg di powersuplay dan ketika saya pasang lagi, kembali bunyi lagi.
itu kira kira apanya yg rusak gan?
, trimakasih.

Unknown said...

Gan mohon infonya, epson T60 saya hidup sebentar lalu mati lagi,tekan power lagi hidup lagi beberapa saat kemudian mati lagi, kira kira bagian mana yang rusak gan.TQ

Anonymous said...

artikelnya bermanfaat sekali min...
blower infrared

Template by : ekohasan.blogspot.com